Minggu, 01 Februari 2015

Sunan Gunung Jati

Syeikh Syarif Hidayatullah atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sunan Gunung Djati dilahirkan di Mesir. Dari ibu yang bernama Syarifah Mudaim atau yang kita kenal dengan nama Nyai Mas Rarasantang putri dari Prabu Siliwangi penguasa tatar sunda, bersama sang ayah Raja Abdullah sang sultan dari Mesir.


Syarif Hidayatullah kecil belajar berbagai disiplin ilmu di dataran Arab hingga ia dewasa dan di ajak oleh ibunya untuk menyebarkan Islam agama rahmatan lil 'alamin di tanah Pasundan dengan tujuan agar ayahnya sang penguasa Pajajaran memeluk Islam. Setelah Syarif Hidayatullah datang ke wilayah Pajajaran bersama ibunya mereka di sambut oleh Mbah Kuwu Sangkan yang tidak lain adalah kakak dari Nyai Mas Rarasantang atau paman dari Syarif Hidayatullah yang memiliki nama Raden Walangsungsang atau Maulana Insan Kamil atau Shomadullah yang bergelar Pangeran Cakrabuana yang menikahi putri dari tetua pedukuhan di wilayah pesisir utara Kerajaan Galuh.


Syarif Hidayatullah menetap dan dinikahkan dengan Nyai Mas Pakungwati oleh pamannya yang tidak lain adalah saudara sepupunya.


Islam di kawasan pesisir Kerajaan Galuh yang berada dalam otoritas Kerajaan Pajajaran tumbuh semakin pesat meskipun sang kakek dari Syarif Hidayatullah yaitu Prabu Siliwangi tidak mau mengikuti ajarannya, tapi ia tidak menghalang - halangi cucunya untuk menyebarkan Islam di wilayah kerajaan nya. Dan bahkan jauh sebelum Syarif Hidayatullah datang ke Pasundan, Islam sudah tersebar di kawasan pesisir utara Galuh dengan adanya Seikh Datuk Kahfi Ulama dari dataran Arab.


Dan pada akhirnya berdirilah Kerajaan Islam Pertama di tanah Pasundan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar